Pages

Tuesday, November 12, 2013

Tugas 1



1.  Jelaskan dengan contoh “Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar”
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar” dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan “bahasa Indonesia yang baik dan benar” mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran. Bahasa yang diucapkan bahasa yang baku.
Contoh pada teks “Sumpah Pemuda”
 Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari beberapa kalimat dalam “Sumpah Pemuda” tersebut menunjukkan  bahasa yang sangat baku, dan merupakan pemakaian bahasa secara baik dan benar.
2.   Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi
Dapat dikatakan fungsi bahasa sebagi alat komunikasi antar manusia yang paling efektif. Dalam fungsinya sebagai alat komunikasi, bahasa digunakan sebagai penyampai gagasan pembicaraan yang mempunyai berbagai ragam atau variasi bergantung pada konteks komunikasi yang terjadi. Dengan kata lain, setiap orang dimungkinkan memilih salah satu variasi bahasa yang digunakan, biasanya pemilihan variasi ini ditentukan oleh faktor pembicara, pendengar, pokok pembicaraan, tempat, suasana dan tujuan orang berbicara.
Bahasa dapat berupa bahasa verbal dan bahasa non verbal. Bahasa verbal digunakan oleh manusia normal dan suasana normal pula, dengan menggunakan unsur kata-kata simbol. Bahasa non verbal menggunakan isyarat, digunakan misalnya oleh penyandang cacat fisik (bisu tuli). Ada bahasa yang digunakan pada kalangan tertentu, misalnya bahasa gambar sebagai visualisasi gagasan seperti gambar tekni, fotografi, lukisan dan simbol, yang masing-masing dapat diukur dengan rasional logis dan irasional abstrak.
Contoh fungsi bahas sebagai alat komunikasi dalam sehari hari
  • Apakah kamu ingin menyapu rumah bagian belakang ?
  • Apa yang kamu lakukan tadi?
  • Misalkan ketika dalam dialog antara seorang Guru dengan seorang siswa
    • Pak guru : Rino apakah kamu sudah mengerjakan PR?
    • Rino : sudah saya kerjakan pak.
    • Pak guru : baiklah kalau begitu, segera dikumpulkan.
    • Rino : Terima kasih Pak
 Sumber:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More