Pages

Tuesday, March 31, 2015

Bab 1 international acconting


Bab 1
Pendahuluan
Pendahuluan
Akuntansi memainkan peranan yang sangat penting dalam masyrakat. Sebagai cabang dari ilmu akuntansi, akuntansi menyediakan informasi mengenai perusahaan dan transaksinya. Akuntansi internasional, tidaklah berbeda dari peranan yang dimaksud yang membuat pelajaran ini berbeda adalah bahwa entitas yang dilaporkan adalah perusahaan multinasional (multinational company-INC) dengan operasi dan transaksi yang melintasi batas-batas negara.
Akuntansi mencakup beberapa proses yang luas : pengukuran, pengungkapan, dan pemeriksaan (auditing). Pengukuran adalah proses untuk identifikasikan, mengelompokan, dan pemeriksaan akuntansi. Pengungkapan adalah proses pengukuran yang diungkapkan akuntansi dikomunikasikan kepada para pengguna. Auditing adalah melakukan pengkajian kendala pengungkapan dan komunikasi.
Sudut Pandang Sejarah
Sebagai permulaan, system pembukuan berpasangan (double-entry bookkeeping), yang berawal dari negara-negara kota di Italia pada abad ke 14 dan 15, dengan didorongnya perdagangan internasional system pembukuan berganda samapi ke jerman. Pada waktu bersamaan di Belanda mempertajam cara menghitung pendapat periodi dan di Prancis menemukan keuntungan menerapkan system dalam akuntabilitas pemerintah, akhirnya akuntansi pembukuan berpasangan mencapai kepuasan inggris. Pada tahun 1850an menyebabkan tumbuhnya masyarakat akuntan dan pada tahun 1870an akuntansi public terorganisasi di skotlandia dan inggris. Pada tahun ke 20, seiring dengan kekuatan AS yang tumbuh dan kerumitan masalah-masalh akuntansi muncul juga secara bersamaan. Produk-produk pengaruh akuntansi makin terasa pada dunia barat khusunya di jerman dan jepang.
Sudut Pandang Kontemporer
Kemajuan informasi juga dapat menyebabkan perubahan radikal dalam ekonomi produksi dan distribusi. Produksi yang terintegrasi secara vertikal tidak lagi menjadi bukti model operasi yang efisien. Hubungan informasi, secara global dan seketika memberi makna bahwa produksi, termasuk jasa akuntansi, makin dialihkontrakan kepada siapa saja dengan ukuran apapun.
Pertumbuhan dan Penyebaran Operasi Multinasional
Ketika dimasa lalu perdagangan jasa biasanya kalah penting dibandingkan dengan perdagangan barang.saat ini perdagangan jasa mendapatkan keuntungan yang signifikan dan  perkembangan dengan tingkat yang lebih cepat dari pada perdagangan barang. Pada tahun 1990an terlihat adanya bias dari negara-negara maju terhadap investasi asing, secara langsung arus investasi AS meledak ke negara-negara berkembang sehingga menunjukan bahwa MNC makin menyadari negara-negara tuan rumah ini (house country) menjadi lokasi investasi yang menarik.
Inovasi Keuangan
Menejemen resiko telah menjadi istilah popular dalam lingkungan perusaah dan manajemen kerentanan dalam harga komuditas, valuta asing, kredit dan ekuitas tidak secara merata langsung berdampak pada proses pelaporan internal, tetapi juga menghadap perusahaan pada resiko menderita kerugian ekonomis. Hal ini memacu tujuan aktifitas perusahaan dalam mengidentifikasi resiko yang mereka hadapi, memutuskan resiko mana yang perlu dilindungi dan mengevaluasi hasil strategi manajemen resiko yang dijalankan..
Kompetisi Global
Faktor lain yang turut menyumbangkan makin pentingnya akuntansi internasional adalah fenomena kompetisi global. Penetuan accuan, suatu tindakan untuk membandingkan kinerja satu pihak dengan suatu standar yang memadai, bukanlah hal yang baru. Hal yang baru merupakan standar perbandingan yang kini melampaui batas-batas nasional. Dalam penetuan acuan terhadap pesaing internasional, seseorang harus berhati-hati untuk memastikan bahwa perbandingan yang dilakukan memang benar-benar dapat dibandingkan
Merger dan Akuisisi Lintas Batas Negara
Seiring dengan berlanjutnya tren global atas konsolidasi industry, berita mengenai merger dan akuisis internasional praktis merupakan kenyataan sehari-hari. Merger umumnya diringkas dengan istilah sinergi operasi atau skala ekonomi akuntansi memainkan peranan yamg penting karena angka-angka yang dihasilkan akuntansi bersifat mendatar dalam proses penilaian perusahaan.
Internasional Pasar Modal
Faktor yang mungkin banyak mengundang perhatian lebih terhadap akuntansi internasional dikalangan eksekutif perusahaan, investor, regulator pasar, pembuat standar akuntansi, dan para pendidik ilmu bisnis adalah internasional pasar modal seluruh dunia. Pada tahun 1990 arus modal batas lintas batas negara telah melonjak naik lebih dari box lipas, pada periode yang sama nilai penawaran sekuritas internasional lebih melonjak lebih dari box lipas
Amerika
Ekonomi AS dan pasar sahamnya mengalami pertumbuhan tanpa henti selama tahun 1990-an. Saat ini, naik NYSE maupun NASDAQ mendominasi bursa efek lain diseluruh dunia dalam hal kapitalisasi pasar, nilai perdagangan saham domestik, nilai perdagangan saham asing  dan jumlah perusahaan domestik. Komite pengaturan pasar modal (the commite on capital market regulation), yang anggota –anggotanya ditunjuk oleh SEC dan juga berkoordinasi dengan  dewah keuangan federal pemerintah (federal reserve boards of governors) dan departemen keuangan Amerika Serikat. Menetapkan bahwa Amerika Serikat akan kehilangan pengaruhnya terhadap pasar modal kecuali jika Amerika merampingkan beberapa ketetapan peraturan permodalannya.
Eropa Barat
Eropa adalah wilayah pasar ekuitas terbesar didunia dalam hal kapitalisasi pasar dan volume perdagangan. Perluasan ekonomi secara signifikan turut menyumbangkan pertumbuhan pasar ekuitas Eropa yang cepat secara paruh kedua tahun 1990-an. Selama kurun 1990, pasar modal dibenua Eropa telah menjadi makin terarahkan pada kepentingan para investor untuk meningkatkan kredibilitas mereka dan untuk menarik minat para investor baru.
Asia
Banyak ahli yang memperkirakan Asia akan menjadi wilayah pasar ekuitas terpenting ke2. Beberapa pengkritik berpendapat bahwa pengukuran akuntansi, pengungkapan dan standar auditing di Asia serta pengawasan dan penegakan implementasi standar tersebut lemah. Beberapa negara Asia secara periodik mengumumkan bahwa mereka akan melakukan intervensi pada pasar ekuitas untuk meningkatkan harga saham dan memanipulasi pasar.beberapa pasar asia spesifik (cina, india, korea, Taiwan dan hongkong) telah tumbuh dengan cepat dan mengalami perdaganga yang realatif besar terhadap kapitalisasi pasar.
Pencatatan dan Penerbitan Saham Lintas Batas Negara
Gelombang minat dalam melakukan pencatatan lintas batas negara tidak merupakan fonemena kesempatan. Banyak perusahaan Eropa mengalami kesulitan ketika memutuskan dimana meningkatkan jumlah modal atau mencatat sahamnya. Pengetahuan mengenai berbagai pasar ekuitas dengan hukum, aturan dan karakter kelembagaan yang berbeda sangat diperlukan saat ini. Hal yang diperlukan adalah pehaman mengenai bagaimana karakteristik perusahaan penerbitan saham dan bursa efek saling berhubungan. Beberapa pengamat memperkirakan bahwa dalam kurun waktu yang cukup singkat, pasar keuangan dan perdagangan akan didominasi oleh dua atau tiga bursa efek dunia yang beroperasi lintas dunia.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More